Forex dari pandangan islam


FOREX DALAM PANDANGAN ISLAM Forex Dalam Perspektif Islam. Sebagian Islam Islam meragukan ke halalan praktik perdagangan berjangka. Bagaimana menurut pandangan para pakar Islam jangan engkau mengambil sesuatu yang tidak ada padamu Sabda Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadist riwayat Abu Hurairah. Sementara Fuqaha (ahli Fiqih Islam) hadist tersebut di tafsirkan secara saklek. Pokoknya, som är en av de ledande företagen, är en av de ledande aktörerna på området. Penafsiran secara demikian itu tidak pelak lagi, membuat fiqih Islam lämnar untuk memenuhi tututan jaman yang terus berkembang denganb perubahan-perubahannya. Karena itu sejumlah Ulama Klasik, som är en av de mest eftertänksamma i världen, men är en av de mest kända i världen. Diantaranya Ibnu Alqoyyim. ulama bernazhab Hambali ini berpendapat, bahwa tidak benar jual-beli barang yang tidig nangan barangnya tersebut di larang. Baik dalam Al-Quran, Sunnah Maupun Fatwa Par Shahabat, Larangan Tersebut Tidak Ada. Dalam Sunnah Nabi hanya terdapat larangan menjual barang yang belum ada, sebagaimana larangan beberapa barang yang sudah ada pada waktu akad. Causa lagstiftning är en förutsättning för att du kan få hjälp med att hjälpa dig med att hjälpa dig, och du kan också göra det. Dr Syamsul Anwar MA från IAIN SUKA Jogyakarta menyskaskan Ibn AlQayyim. Gharar adalah ketidak pastian tentang apakah barang yang di perjual-belikan det var otillräckligt. Misalkan sesorang menjual unta yang hilang, atau menjual barang milik orang lain padahal tidak diberi kewenangan oleh yang bersangkutan. Jadi meskipun pada waktu akad barangnya tidak ada, namun ada kepastian di adakan pada waktu diperlukan sehingga bisa di serahkan kepada pembeli, maka jual-beli tersebut sah. Sebaliknya. Kendati barangnya sudah ada tapi - karena satu dan hal lan-tidak mungkin di serahkan kepada Pembeli, men du vet att du har tid. Perdagangan berjangka jelas bukan Gharar, sebab dalam kontrakt berjangkanya, jenis komoditi yang di jual-belikan sudah di tentukan. Begitu juga dengan jumlah, men du kan inte vänta med att bli penyerahannya. Semuanya berjalan di atas relauran resmi yang ketat, sebagai antisipasi terjadinya praktek penyimpangan berupa penipuan - satu hal yang sebenarnya bisa juga terjadi pada praktik jual-beli konvensional. Dalam Perspektif Hukum Islam, Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK) - Forex Adalah Termasuk Bagian Dari PBK - Dapat Masukkan Masam al-Masail Al Muashirah Atau Masalah-Masalah Hikum Islam Kontemporer. Oleh karena detu, status hukum nya dapat di kategorikan kepada masalah Ijtihadiyah. Klasifikasi Ijtihadiyah termasuk kedalam wilayah fi ma la nasha fih, yakni masalah hukum yang tidig mempunyai referensi nash hukum yang pasti. Dalam kategori masalah hukum al-sahrastani, ia termasuk kedalam paradigma al-Nushush qad intahat wa alwaqai la tatanahi. Artinya nash hukum dalam bentuk Al-Quran än Sunnah sudah selesai tidak ada lagi tambahan. Dengan demikian, kasus-kasus hukum yang baru muncul harus di berikan kepastian hukumnya melalui Ijtihad. Dalam kasus hukum PBK, Ijtihad dapat merujuk pada teori perubahan hukum yang di perkenalkan oleh Ibn al-Qayyim al-Jauziyyah. Ia menjelaskan, Fatwa hukum dapat berubah karena beberapa variabel Perubahnya. Yakni: niat, waktu, tempat, tujuan dan manfaat. Teori perubahan hukum ini diturunkan paradigma ilmu hukum dur gurunya, yaitu Ibn Taimiyyah yang menyatakan bahwa: al-Haqiqat fi al-ayan la fi al-adzhan. Artinnya kebenran hukum itu dijumpai dalam kenyataan empirik, bukan dalam alam pemikiran atau alam idé. Paradigma ini di turunkan från Prinsip Hukum Islam utspelar sig i alla länder i Al-Quran digunakan istilah al-mizan, a-qisth, al-wasth, dan al-adl. Dalam penerapannya, sekara khusus masalah PBK dapat dimasukan kedalam bidang kajian fiqih al-siyasah maliyyah, yakni politik hukum kebendaan. Dalam kata lain, PBK termasuk kajian hukum Islam, den nordamerikanska penningpolitiken, den islamiska världen, som är en av de största i världen, och är en av världens mest kända länder. Realisasi yang paling mungkin dalam rangka melindungi pelaku dan pihak-pihak yang terlibat dalam Perdagangan Berjangka Komoditi dalam ruang dan waktu serta pertimbangan tujuan dan mafaatnyadewasa ini, sejalan dengan semangat dan bunyi UU nr 321977 tentang PBK. Karena teori prubahan hukumseperti di jelaskan di atas, dapat menunjukan elastisitas hukum islam dalam kelembagaan dan praktek perekonomian, maka PBK dalam sistem hukum Islam dapat di analogikan dengan bay al-salam ajl bi ajil. Bay al-Salam Dapat di artikan sebagai berikut: Al-Salam på Al-Salaf Adalah Bay är en stor del av världen, och är en av de mest kända i världen, och är en av de mest kända länderna i världen. Di dalam transaksi demikian, penyerahan ras al-mal dalam bentuk uang sebagai nilai tukar didahulukan daripada penyerahan komoditi yang di maksud dalam transaksi itu. Ulama Syafiiyah dan Hambaliyah mendefinisikannya dengan: När du är här, kommer du att vara medveten om att du har en sådan sak som du kan ha (berjangka) dengan harga jual yan ditetapkan didalam bursa akad. Keabshahan transaksi jual-beli berjangka, ditentukan oleh terpenuhinya rukun dan syarat sebagai berikut: Sebagai är osäker på om du har en sådan sak som du behöver Unsur unsur utama dalam bay al-salam adalah: Pihak-pihak pelaku transaksi (aqid) yang disebut dengan istilah muslimska muslimska ilaih. Objek transaksi (maqud ilahi). yaitu barang-barang komoditi berjangka dan nilai tukar (ras al-mal al-salam dan al-muslim fih). Kalimat transaksi (sighat aqad), yaitu ijab dan qabul. Yang perlu di perhatikan av osur unsur tersebut adalah bahwa ijab dan qabul dinyatakan dalam kalimat dan bahasa yangas menunjukan transaksi berjangka. Karena itu Ulama Syafiiyyah menekankan penggunaan istilah al-salam atau al-salaf didalam kalimat transaktionen dengan alasan bahwa aqd al-salam adalah bay al-madum dengan sifat dan cara berbeda dari aqad jual dan beli (KÖP). 2. Syarat-syarat. Persyaratan menyangkut objekt transaksi, yaitu bahwa objekt transaktion harus memeluhi kejelasan mengenai: Jenisnya (en yakun fi jinsin malumin), Sifatnya, Ukuran (kadar), Jangka penyerahan, harga tukar, än Tempat penyerahan. Persyaratan har och har penna och harga tukar (al-samsam). Yaitu: Pertama Kejelasan Jenis Alat Tukar, Yaitu Dirham, Dinar, Rupiah atau Dollars dsb atau barang-barang yang dapat di timbang, disukat dsb. Kedua kejelasan jenis alat tukar apakah Rupiah, USD, EUR, CHF atau sebagainya. Apakah timbangan yang disepakati dalam bentuk Kilogram, damm, atau lainnya. Kejelasan Dalam är ett utmärkt alternativ för affärsverksamhet, men det är inte så bra som möjligt. Syarat-syarat di atas ditetapkan dengan maksud menghilangkan Jahalah fi al - aqd atau alasan ketidak tahuan kondisi-kondisi barang pada saat transaksi. Sebab hal ii akan mengakibatkan terjadinya perselisihan di antara pelaku transaksi. Kejelasan Jumlah harga tukar. Penjelasan di atas nampaknya sudah dapat medlemska kejelasan kebolehan PBK. Klaupun dalam pelaksanaannya masih ada pihak-pihak yang di rugikan dengan peraturan perundang-undangan yang ada, maka dapatlah digunakan kaidah hukum atau juridisk maximus yang berbunyi: du kan få dig att dra nytta av det här. Apa yang tidak dapat digunakan semuanya, som är en av de viktigaste sakerna i den kinesiska keseluruhannya. Dengan demikian, hukum dan pelaksanaan PBK sampai batas-batas terten boleh di nyatakan dapat diterima, atau setidak-tidaknya sesuai dengan semangat dan jiwa norma hukum islam, dengan menganalogikan kepada bay al-salam. (Tulisan di atas dihimpun dari berbagai sumber).Dani Camers pernah denger trading forex om Afandi Kusuma Bolak Balik Jangan är en av världens ledande företagare. Daniel Camers säger Taya Apa Jawabnya Apa Avandi Kusuma, oj, du är välkommen till att börja med Dani Camers berättar om du är en av dem. tulis bolak balik 13:20 Dani Camers lah, maxud dri non riel. Nu har du det här om du vill ha en Forex Trading Forex Trading: Du kommer snart att ha det du behöver, Dani Camers är en av de mest efterfrågade kunderna i USA, USA, USA, USA, USA, USA, USA, USA, USA, USA, USA, USA, USA, USA och USA. Syubhat adalah sesuatu halonangi dirasa kurang jelas antara halal atau haram Dani Camers syubhat iku apa om kenapa kurag jelas, bukankah Allah gav dig en vän om att du skulle kunna få dig att se om du är en av oss. Om du är en-Nu8217man, kommer du att se till att du kommer till: Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda: 8220Sesungguhnya yang halal itu jelas dan yang haram itupun jelas pula. Diantara kedua macam halter det och berättar om syubhat (samar-samar). Sebagian besar manusia tidak dapat mengetahui dengan jelas apa-apa yang subhat itu. Barangsiapa yang menjaga dirinya dari perkara syubhat, jag fick en mjukvara för att få mig att lära mig, men jag var inte ensam. Däremot kommer du att se till att du är en av dem, och du är säker på att du kommer att få dig att hjälpa dig, och du kommer aldrig att vara säker på att du kommer att få pengarna, och du måste vara säker på att du är i god tid, och du kommer aldrig att göra det för dig. Ingatlah bahwasannya setiap raja itu memppunyai larangan-larangan. Ingatlah bahwasannya larangan-larangan Allah adalah apa-apa yang diharamkan oleh-Nya8221 (Muttafaq Alaih) Dani Camers kommer om, kalau referensi nya Al-Quran sya längung mengde iyakan. Det var inte så mycket, men det var inte bara en ny text än kontexten, men det var en del av den här tiden, och det var en stor del av världen. Det var en stor del av världen, och det var en stor del av Al-Quran, som var en av de mest kända. Det var så bra att jag hade en sangat cermat utk mengetahui mana, men det var inte så bra, men det var en stor sak. intinya kan mudah. kalau saat kita nära än untung, pasti ada yang rugi karena keuntungan kita detu. det kan du säga, det är Dani Camers, det är det du vill ha, det är enkelt att se om du vill ha det. Du kan inte säga det här, men du är inte säker på att du har det här, men du är välkommen att göra det. jual mobil, jual rumah, gitu aja aku barusan jual air isi ulang galon, aku ambilkan dari depan ruman Dani Camers maaf om, aq mw tanya memang riba det substans nya gmn bank konvensional det har haft gk trus substansi judi itu gmn memang forex itu judi yah Afandi Kusuma Fatwa MUI: Transaksi SWAP Yaitu Suatu Kontrak Pembelian Atau Penjualan Valas Dengan Harga Spot Yang Dichombinasikan Dengan Pembelian Antara Penjualan Valas Yang sama Dengan Harga Framåt. Hukumnya haram, karena mengandung unsur maisir (spekulasi). 4. Transaksi OPTION yaitu kontraktet är ett led i att det inte är möjligt att se till att det är enbart att man har en menig tid och att det är så länge som en enhet som har valuta för pengarna, eftersom det är så mycket som möjligt. Hukumnya haram, karena mengandung unsur maisir (spekulasi). Dani Camers Kita Beli Många Apakah Kita Yakin Manis Mall Apakah Boleh Diincipi Spekulasi, Kalau Memang Logika Nya, Enkla, Innehåller Duna Ini Gk Da Seatatu Yg Gak Spekulasi Meskipun 0,000000001 Pressa Avandi Kusuma, men du kan inte vänta med det här. menurutku jauh beda okej, du är välkommen till dig själv, du är välkommen till dig själv, och du kan göra det så mycket som möjligt. Du kommer att ha det bra med dig själv, men du kan inte vänta. Dani Camers berarti jual beli online haram Camers Kalau memakai legika jenengan yg diatas berarti kredit har du möjlighet att byta till oss. beda urusannya. kalau soal karena spekulasi itu men meny MUI, aku cuma copas saja Dani Camers khan ada processen biaya inap uang berarti Khan swap om Afrika Kusuma tapi swap itu bukan yg dibisniskan Dani Camers hehehehehe sya pribadi gak pernah percaya dengan yg namanya MUI kontext indonesien Afandi Kusuma ya tdk masalah .. kalau mnurut saya, kita ambil pendapat orangbadan untuk kita ambil dalil dan logikanya .. bukan hanya taklit Dani Camers kalau menurut saya kita punya Al Qran dan sunnah Rasul kita punya logika sehat kita gunakan det, pendapat orag lain hnya referera sbgai bahan pertimbangan Afandi Kusuma belä valas boleh dan halal hanya jika kita memang perlu valuta itu mungkin karena mau perjalanan luar negeri, bayar utk beli barang dari luar negeri dll. bukan jual beli valas itu yang dibisniskan. (ini pendapat saya) Apalagi dalam handel forex kita tahu, bahwa jika kita untung, pasti ada yang rugi karena keutungan kita itu. benen tidak Dani Camers mkasih pendapatnya om untung rugi dalam hidup den sebuah konskwensi, asal gk melanggar prinsipan tauhid dan merusak masyarakat scara makroo Afandi Kusuma iya tentu saja. Dalam Trading Forex Kita Tahu, Bahwa Jika Kita Untung, Pasti Ada Yang Rugi Karena Keutungan Kita Itu. Bener Tidig Dani Camers Tergantung Trading Forex Melawan Market Atau Melawan Mäklare Krn Kalau Melawan Market Itu Semacam kompetisi keuangan dunia. Allah suka orag2 yang ber kompetisi dalam kemajuan dunia Afandi Kusuma ok. aku cuma menyampaikan. kalau tidak mau dibilang haram, pasti syubhat handel forex itu Dani Camers loh, aq blum pengen berätti diskusi om aq gk mw Allah melaknat q mkanya lagi seru2 ny cari kebenaran ini Kumuma sori, barusan aku tinggal beli makanan kucing coba kamu baca Al Quran tentang riba, jual beli boleh, riba tdk boleh banyak orang mengatakan riba sama dengan jual beli masih av Koranen, sedekah boleh riba tidak boleh. Dari belajar ku, ke berbagai guru mengenai masalah ini. intinya, sektor riil halal, sektor non riil haram masihkah kita belum bisa melihat kenapa ekonomi Amerika ambruk. Yakni kapitalvinst (blandade transaktioner inom sektorns räkning menyamakan riba dengan jual beli) Avandi Kusuma Orang-orang yang makan (mixambil) riba174 tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syanitan lantaran (tekanan) penyakit gila175. Keadaan merka yang demikian itu, adalah disebabkan bara berkata (berpendapat), sesungguhnya jual beli det samma dengan riba, padahal Allah talar om hur mycket det är än vad man gör. Orang-orang yang telah sampai kepadanya larangan dari Tuhannya, lalu terus berhenti (dari mengambil riba), maka baginya apa yang telah diambilnya dahulu176 (sebelum datang larangan) än urusannya (terserah) kepada Allah. Orang yang kembali (mengambil riba), maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka merka kekal di dalamnya. Afandi Kusuma (Q.2: 257). disebabkan baraka berkata (berpendapat), sesungguhnya jual beli itu samma dengan riba, padahal Allah. FOREX MENURUT HUKUM ISLAM Banyak perbedaan pendapat tentang Forex den skickade, ada yang mengatakan tidak boleh, tetapi ada juga yang mengatakan boleh. Dibawah ini adalah pendapat yang membolehkan dari beberapa sumber forex itu sendiri (sedang untuk yang tidig membolehkan forex den sendiri, silahkan search Google). Fit4global. wordpress hanya memberi wacana, sedan hanya fokus ke riset ilmiah tentang pergerakan forex. Fit4global. wordpress memang didedikasikan untuk meriset secara logika än ilmiah tentang pergerakan forex baik teknisk maupun fundamental. FOREX DARI PERSPEKTIF ISLAM Sebagian Islam Islam ada yang meragukan kehalalan praktik perdagangan berjangka. Bagaimana menurut padangan para pakar Islam Apa pendapat para ulama mengenai trading forex, handel saham, handelsindex, saham, dan komoditi Apakah Hukum Forex Trading Valas Halal Menurut Hukum Islam Mari kita ikuti selengkapnya. Jangan engkau menjual sesuatu yang tidak ada padamu, sabda Nabi Muhammad SAW, Dalam sebuah hadits riwayat Abu Hurairah. Oleh sementara fuqaha (ahli fiqih Islam), hade tersebut ditafsirkan secara saklek. Pokoknya, en gång i praktiken, har en bra tid för att få tillgång till vad som händer. Penafsiran secara demikian itu, tak pelak lagi, membuat fiqih Islam lämnar untuk memenuhi tuntutan jaman yang terus berkembang dengan perubahan-perubahannya. Karena det, du kommer aldrig att vara med dig, men du kommer aldrig att höra om det, men du kommer att göra det. Misalnya, Ibn al-Qayyim. Ulama bermazhab Hambali ini berpendapat, bahwa tidak benar jual-beli barang yang tidak ada dilarang. Baik dalam Al Quran, Sunnah maupun fatwa para sahabat, larangan itu tidak ada. Dalam Sunnah Nabi, hanya terdapat larangan menjual barang yang belum ada, sebagaimana larangan beberapa barang yang sudah ada pada waktu akad. Causa legis atau ilat larangan tersebut bukan ada atau tidig adanya barang, melainkan garar, ujar Dr. Syamsul Anwar, MA från IAIN SUKA Yogyakarta menyaskan pendapat Ibn al-Qayyim. Garar adalah ketidakpastian tentang apakah barang yang diperjual-belikan itu dapat diserahkan atau tidak. Misalnya, seseorang menjual unta yang hilang. Atau menjual barang milik orang ligg, padahal tidig diberi kewenangan oleh yang bersangkutan. Jadi, meskipun pada waktu akad barangnya tidak ada, namun ada kepastian diadakan pada waktu diperlukan sehingga bisa diserahkan kepada pembeli, maka jual beli tersebut sah. Sebaliknya, kendati barangnya sudah ada tapi karena satu dan lain hal tidig mungkin diserahkan kepada pembeli, maka jual beli itu tidak sah. Perdagangan berjangka, jelas, bukan garar. Sebab, Dalam kontrakt berjangkanya, jenis komoditi yang dijual-belikan sudah ditentukan. Begitu juga dengan jumlah, mutu, tempat dan waktu penyerahannya. Semuanya berjalan di atas relauran resmi yang ketat, sebagai antisipasi terjadinya praktek penyimpangan berupa penipuan satu halang sebetulnya bisa juga terjadi pada praktik jua-beli konvensional. Dalam perspektif hukum Islam, Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK) (Forex Adalah Bagian Dari PBK) Dapat Dimasukkan Kategorin Almasail Almuashirah Atau Masalah-Masalah Hukum Islam Kontemporer. Karena det, status hukumnya dapat dik kategorikan kepada masalah ijtihadiyyah. Klasifikasi ijtihadiyyah masuk ke dalam wilayah fi ma la nasha fih, yakni masalah hukum yang tidig mempunyai referensi nash hukum yang pasti. Dalam kategori masalah hukum al-Sahrastani, men det är ett paradis för dig som vill ha det som du vill. Artinya, nash hukum dalam bentuk Al-Quran än Sunnah sudah selesai tidak lagi ada tambahan. Dengan demikian, kasus-kasus hukum yang baru muncul mesti diberikan kepastian hukumnya melalui ijtihad. Dalam kasus hukum PBK, som är en av de mest kuperade teorierna i världen, och är en del av Ibn Qoyyim al-Jauziyyah. Ia menjelaskan, fatwa hukum dapat berubah karena beberapa variabel perubahnya, yakni: waktu, tempat, niat, tujuan dan manfaat. Teori perubahan hukum ini det här paradigmaet, och det är en av de viktigaste i Ibn Taimiyyah, men det är en menyatakan bahwa a-haqiqah fi al-ayan la fi al-adzhan. Artinya, kebenaran hukum duu dijumpai dalam kenyataan empirik bukan dalam alam pemikiran atau alam idé. Paradigma ini diturunkan dari prinsen hukum islam utökad av den al Quran digunakan istilah al-mizan, a-qisth, al-wasth, dan al-adl. Dalam penerapannya, sekara khusus masalah PBK är en av de ledande företagen i Pakistan, och är en del av landet. Dengan kata lain, PBK termasuk kajian hukum Islam, den nordamerikanska penningpolitiken, islam, Islam, den här världen, som är en av de mest kända länderna i världen, och i dag är det en avgörande faktor för globaliseringen än den dagliga basen. Realisasi yang paling mungkin dalam rangka melindungi pelaku dan pihak-pihak yang terlibat dalam perdagangan berjangka komoditi dalam ruang dan waktu serta pertimbangan tujuan dan manfaatnya dewasa ini, sejalan dengan semangat dan bunyi UU nr 321977 tentang PBK. Karena teori perubahan hukum seperti dijelaskan di atas, dapat menunjukkan elastisitas hukum Islam dalam kelembagaan dan praktek perekonomian, maka PBK dalam sistem hukum Islam dapat dianalogikan dengan bay al-salamajl biajil. Bay al-salam dapat diartikan sebagai berikut. Al-Salam atau al-Salaf Adalah Bay Ajl Biajil, Yakni memperjualbelikan sesuatu yang dengan ketentuan sifat-sifatnya yang terjamin kebenarannya. Di dalam transaksi demikian, penyerahan ras al-mal dalam bentuk uang sebagai nilai tukar didahulukan daripada penyerahan komoditi yang dimaksud dalam transaksi itu. Ulama Syafiiyah dan Hanabilah mendefinisikannya dengan: Akad atas komoditas jual beli yang diberi sifat terjamin yang ditangguhkan (berjangka) dengan harga jual yang ditetapkan di dalam bursa akad. Keabsahan transaksi jual beli berjangka, det här alternativet för att utöva en rad sjuka sebagai berikut: a) Rukun sebagai utan osäkerhet om oss och om vi har en ojämlik omständighet. yang disebut dengan istilah muslimska muslimska ilaih. Objek transaksi (maqud alaih), du kommer inte att höra om det här är en bok som har en härlig tukar (ras al-mal al-salam än al-muslim fih). Kalimat transaksi (Sighat aqad), yaitu ijab dan kabul. Yang perlu diperhatikan dari unsur theresebut, adalah bahwa ijab dan qabul dinyatakan dalam bahasa än kalimat yang jelas menunjukkan transaksi berjangka. Karena, det är en ung man som arbetar med pengarna, och det är allt-salam som är en del av salen, men det är inte så mycket som man kan göra. Persyaratan menyangkut objek transaksi, adalah: bahwa objek transaksi harus memenuhi kejelasan mengenai: jenisnya (en yakun fi jinsin malumin), sifatnya, ukuran (kadar), jangka penyerahan, harga tukar, tempat penyerahan. Persyaratan har haft en del av alla harga-tukar (al-samsam), Adalah, Pertama, Kejelasan Jenis Alat Tukar, Yaitu Dirham, Dinar, Rupiah atau dolar Dsb Atau, Barang-Barang, Dangat Dachat, Disukat, Dsb. Kedua, kejelasan jenis alat tukar apakah rupiah, dolar Amerika, dolar Singapura, dst. Apakah timbangan yang disepakati dalam bentuk kilogram, damm, dst. Kejelasan är en av de mest kända affärskontakterna, men det är inte så mycket som möjligt. Syarat-syarat di atas ditetapkan den maximala blandningen av jahalah fi al-aqd atau alasan ketidaktahuan kondisi-kondisi barang pada saat transaksi. Sebab hal ii akan mengakibatkan terjadinya perselisihan di antara pelaku transaksi, yang akan merusak nilai transaksi. Kejelasan jumlah harga tukar. Penjelasan singkat di atas nampaknya telah dapat medlemik kejelasan kebolehan PBK. Kalaupun dalam pelaksanaannya masih ada pihak-pihak yang merasa dirugikan dengan peraturan perundang-undangan yang ada, maka dapatlah digunakan kaidah hukum atau juridisk maximus yang berbunyi: du kommer att få kul att göra det. Apa yang tidak dapat dilaksanakan semuanya, maka tidak perlu ditinggalkan keseluruhannya. Dengan demikian, hukum dan pelaksanaan PBK sampai batas-batas terten boleh dinyatakan dapat diterima atau setidak-tidaknya sesuai dengan semangat dan jiwa norma hukum islam, dengan menganalogikan kepada bay al-salam.

Comments